Dalam  rangka memperingati HUT RI yang ke 72 tahun,  siswa siswi Growing Kid School mengikuti lomba kemerdekaan yang diadakan di sekolah. Dalam dua hari yaitu di tanggal 16 hingga 17 agustus 2017 telah disusun lomba-lomba yang akan diikuti oleh seluruh siswa mulai dari tingkat playgroup, kindergarten sampai elementary. Hari pertama akan diikuti terlebih dahulu oleh siswa-siswi tingkat playgroup dan kindergarten. Dan pada hari keduanya akan diadakan tingkat elementary.

Terlihat di pagi hari tanggal 16 Agustus, anak-anak tingkat playgroup dan kindergarten tiba di sekolah, mereka menggunakan pakaian serba merah dan putih. Terpancar rona bahagia dari wajah mereka dan rasa semangat dari siswa siswi yang ingin mengikuti kegiatan lomba tersebut. Lomba yang diadakan untuk tingkat playgroup A adalah  lomba memasang bagian wajah pada kertas yang sudah di siapkan di kelas. Lomba memasukkan sedotan kedalam botol serta lomba memancing yang diikuti oleh siswa siswi tingkat playgroup B. Lomba memindahkan bola dengan pipa oleh kindergarten A, serta  lomba memindahkan evamat oleh kindergarten B. Para siswa siswi merasa sangat bersemangat untuk menyelesaikan dan memenangkan perlombaan. Suara sorak sorai serta canda tawa mereka meramaikan gedung sekolah, serta semangat juang mereka dalam menyelesaikan dan memenangkan perlombaan menandakan jiwa perjuangan dalam diri mereka sebagai anak-anak penerus bangsa Indonesia. Meskipun mereka masih kecil, tetapi nampak antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi.

Tepat di tanggal 17 Agustus 2017 sebelum diadakannya lomba kemerdekaan, siswa siswi tingkat elementary mengikuti kegiatan upacara bendera yang berada di halaman depan sekolah Growing Kid School. Para siswa siswi datang tepat waktu ke sekolah dan terlihat rapi menggunakan seragam putih merah yang dilengkapi dengan ornamen upacara seperti dasi, topi, serta sepatu hitamnya. Terlihat pula para siswa siswi yang terpilih sebagai petugas upacara yang telah berlatih sebelumnya berdiri tegap di samping halaman sekolah dan siap untuk memimpin kegiatan upacara bendera. Upacara yang diadakan kurang lebih selama setengah jam berlangsung secara tenang dan hikmat tanpa adanya gangguan. Lomba fashion show menjadi acara lanjutan di hari ini. Sejumlah anak terlihat siap dengan kostum-kostum perlombaannya seperti polisi, dokter, tentara, palaut dan perawat. Tidak hanya lomba fashion show saja, tetapi ada pula lomba vocal group yang bertemakan lagu nasional atau lagu daerah di Indonesia. Para siswa siswi menyanyikan lagu daerah seperti Hari Merdeka (17 Agustus 1945), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Rasa Sayange dan Ayo Mama (Maluku).

Perayaan 17 Agustus yang diadakan setian tahun ajaran ini, selalu dikemas untuk melatih ketertiban, kedisiplinan dan memacu semangat anak-anak dalam memenangkan perlombaan. Meskipun mereka tidak ikut mengalami perjuangan seperti pahlawan yang telah gugur membela bangsa Indonesia, tetapi para siswa siswi ikut dilatih untuk merasakan seemangat perjuangan para pahlawan dengan belajar untuk mencintai keragaman negara Indonesia seperti lagu-lagu kebangsaan yang telah mereka nyanyikan yang berasal dari beragam suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Leave A Comment